Assalamu'alaikum,,Selamat datang di tulisan sederhana ini, tulisan yang dibuat oleh seorang mahasiswi yang skrg sedang menimba ilmu di Universitas indonesia, saat ini sedang mengikuti Tugas akhir, mohon doa nya.. semoga temen2 bisa mengambil manfaat dari tulisan ini, amin

Tuesday, November 25, 2008

Komitmen



Assalamu'alaikum, teman2 yang indah ,

judul yang kerap kita temui dalam kehidupan kita sehari2 yaitu sebuah komitmen. ketika komitmen kita di uji apakah kita masih dalam syri'at Nya??

Berikut uraiannya :
komitmen (iltizam) itu lahir dalam diri, bukan suatu keterpaksaan
iltizam adalah komitmen untuk menjalankan hukum islam secara utuh dgn menjadikan Islam menjadi tolak ukur dalam setiap masalah, dalam surah al-baqarah dikatakan, Bismillahirrahmanirrahim




[2:128] Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
Imam Hasan Al-banna mengelompokkan sesorang itu menjadi 3 kelompok :
1. Kelompok orang2 yg menerima Islam scr Doktrin, tanpa ilmu dan pemahaman.
2. Kelompok orang2 yang menrima Islam karena sesuai logika dan fikiran
3. Kelompok yang menerima Islam krn memadukan unsur fikir, pemahaman dan keta'atan.

dalam surah almaidah dikatakan: Bismillahirrahmanirrahim


[5:3] Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah394, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya395, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah396, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini397 orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa398 karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Nah, itu merupakan salah satu perintah ALLAh untuk kita dalam menjalankan sebuah komitmen, yang berupa sebuah keta'atan. kalo Allah sudah menetapkan sesuatu itu adalah haram, maka sudah sepantasnya kita untuk patuh pada ketentuan ALLAh, krn sesuatu yang di tetapkan oleh ALLAh adalah yg terbaik untuk kita, dan menyelamtkan kita di dunia dan akhirat.

apasih tanda2 iltizam itu ?
1. adanya indikator lahiriah.
yaitu dapat terlihat jelas. misalnya : deng
an soalt berjama'ah, wanita memakai hijab,dsb.
maka ini akan melahirkan sebuah motivasi yang kuat
2. Indikator Muraqobah Zatiyah
yaitu merasa
selalu di awasi, tidak tersimbolkan.

Iltizam thd Syari'at
akan membentuk manusia yang uth (Mutakammil)

sprt apa?
1. Beriltizam thd aqidah syalimah (lurus, sehat,bersih)
terdapat dalam al-baqarah ayat 165 :
Bismillahirrahmanirrahim

[9:24] Katakanlah: "jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNYA dan dari berjihad di jalan NYA, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

2. beriltizam
kepada ibadah2 yang sahih, Istimrar(berkelanjutan)
sahih
disinin sesuai dengan
AlQur'an dan sunnah Rasulullah
3. beriltizam kpd akhlaq terpuji
4.
beriltizam thdp Dakwah dan jihad (amar ma'ruf nahi munkar)
5.
beriltizam thdp Islam scr yang syumul dan seimbang.
Almulk 3-4 : bismillahirrahmanirrahim


[67:3] Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?
[67:4] Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.

Syaikh Qutub : "komitman dapat dilihat dari solat (ketepatan waktu)"

Buat apasih beriitizam ? yang jelas adalah MardoTillah (untuk mencapai Ridho ALLAH SWT)


Whoullohu'alam,

1 comment:

RzBzR said...

Iltizam!!

Sepertinya kurang cukup untuk menggambarkan sebuah 'prefix' perbuatan yang akan terus kita lakukan.

Seorang ikhwah mungkin akan sering kali menyatakan keiltizaman saat dia mengikuti mabit. Tapi setelah di rumah??

Bagi saya, dari iltizam menuju istiqomah. meng-istimror-kan amal.